Pengertian, fungsi, jenis jenis microphone

FAElectronics
0
Pada instalasi audio sangat penting diperlukan perangkat audio yang dapat mengubah suara manusia menjadi getaran listrik yang akan di kuatkan sinyalnya dan akan dikeluarkan dengan suara yang lebih keras. Salah satu bagian pada input nya yaitu microphone, microphone merupakan perangkat yang paling penting digunakan untuk keperluan pengerasan suara. Nah lebih detailnya bisa disimak di bawah ini. 

1.Pengertian microphone
Microphone pertama kali digunakan dengan telepon dan digunakan dengan perangkat radio. Microphone berfungsi sebagai alat yang dapat mengubah sinyal suara menjadi sinyal audio (listrik suara). Penemuan mikrofon sangat penting pada masa awal perkembangan telepon. Pada awal penemuannya, mikrofon digunakan pada telepon, kemudian seiring berkembangnya waktu, mikrofon digunakan dalam pemancar radio hingga ke berbagai penggunaan lainnya. 





                 gambar 0.1 contoh microphone

2.Fungsi Microphone
Fungsi Mikrofon adalah sebagai alat atau komponen audio yang digunakan untuk merekam sinyal audio, baik vokal, akustik instrumen, atau apa pun yang menjadi sumber suara. Microphone digunakan untuk membantu komunikasi manusia dan seringkali dipakai pada banyak alat, seperti telepon, televisi, radio, termasuk Komputer dan sebagainya.

Karakteristik microphone
a. Kepekaan
b. Daerah frekuensi
c. Tanggapan frekuensi
d. Ketergantungan arah
e. Impedansi
f. Tahanan Hubungan Seharusnya
g. Batas pengendalian lebih

3. Jenis Microphone
a. Shotgun mic 
Michrophone ini bentuknya ramping dan panjang mirip seperti laras senapan karakteristiknya yang sering didapati pada mic condenser. Shotgun mic berfungsi untuk mempertajam suara sehingga suara lemah dan jauh dapat ditangkap oleh microphone ini. 

b. Personal mic
Personal mic adalah perekam suara yang bentuknya kecil dan penjepit dipergunakan umumnya untuk wawancara dalam studio

c. Handle mic
Handle mic biasanya di peruntukan untuk keperluan lapangan pada saat peliputan interview. Handle mic karakteristiknya dinamic mic. Artinya bersifat meredam suara desis. 

d. Contact mic
Contac mic berfungsi untuk menyadap suara di level yang rendah. Contact mic ini dirancang untuk mampu menembus gelombang suara redam yang secara virtual sanggup menangkap gelombang suara dibawah permukaan solid tertentu. 

e. Boundary effect mic
Boundary effect mic atau biasa disebut Mikrofon batas adalah kapsul mikrofon kondensor omnidirectional kecil yang diposisikan dekat atau rata dengan batas (permukaan). Microphone ini digunakan untuk ruangan yang memiliki ruang tertutup. 

f. Studio 
Studio microphone merupakan microphone yang dapat membantu menghasilkan suara yang jernih. Microphone ini biasa digunakan untuk keperluan rekaman musik, rekaman studio, dan rekaman audio. 



Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)