amplifier mini 60watt karakter bass dengan ganti capasitor

FAElectronics
0
Ampli Mini Super Bass


Oke kali ini saya akan membagikan sebuah rangkaian amplifier mini. Dimana amplifier ini dapat mengeluarkan daya sebesar 60watt dengan spiker yang memiliki kemampuan mencukupi seperti spiker yang mempunyai ukuran sebesar 6inch ataupun 8inch. Dalam pembuatan amplifier mini ini saya menggunakan komponen yang mudah untuk didapatkan dan harganya pun terjangkau. Tidak perlu lama lama langsung saja saya akan menjelaskan cara pembuatan.

Bahan:
1.transistor TIP2955 dan TIP3055
2.Resistor 100k
3.Kapasitor 47uf/50v
4.Potensiometer

Skema rangkaian
Untuk tutorial pembuatan bisa langsung mengunjungi link ini

https://youtu.be/ELaFCczkJ6s

Atau klik disini

Pembahasan:

1.Nah untuk rangkaian amplifier di atas ini kurang aman jika digunakan langsung ke handphone,saya sarankan ditambah rangkaian tone control supaya lebih aman,nah untuk rangkaian ini mengeluarkan kan daya sebesar 60watt dengan tegangan 12v... amplifier ini juga bisa di suplay 5v tetapi untuk dayanya pasti akan turun.

2.bagi yang kesulitan untuk membeli transistor TIP2955 dan TIP3055 bisa diganti dengan tip31 atau tip 32,atau juga diganti dengan tip41 atau tip 42 yang pastinya harganya lebih murah dari TIP 2955 DAN TIP3055. tetapi dengan menggunakan tip yang lebih kecil maka daya yang di hasilnya juga akan kecil (menurut datashet dari transistor yang digunakan) 

Selanjutnya saya akan membagikan skema untuk rangkaian yang menggunakan 1 transistor.

Nah seperti yang tadi saya merekomendasikan untuk menambah rangkaian tone control di bagian inputnya. Agar suara juga bisa di sesuaikan bass, mid,ataupun tribel nya.dan untuk menjaga supaya aman digunakan memutar musik lewat ponsel.

Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat.. terimakasih bagi yang telah berkunjung. Jangan lupa berikan saran atau kritikan.terimakasih
Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)