pengertian PCB dan cara mencetak PCB (printed circuit board) dengan mudah

FAElectronics
0
PENGERTIAN PCB

PCB adalah papan rangkaian (terbuat dari sejenis bahan isolator)dimana bagian permukaan nya terdapat alur alur konduktor (biasanya dari tembaga)yang menghubungkan kaki suatu komponen elektronika dengan komponen lain.
PCB berguna sebagai tempat pemasangan dan penghubung antara komponen elektronika.dengan menggunakan PCB maka pemasangan elektronika atau susunan kawat penghubung komponen akan menjadi lebih aman,teratur,dan praktis. Bagian belakang dari PCB terbuat dari pertinacs atau mika, sedangkan bagian depan di beri lapisan tembaga.

1.PCB Matriks
2.PCB polos

 

Cara mencetak skema layout ke papan PCB
1) Menyiapkan Gambar
Cetak gambar tata letak dan jalur rangkaian yang telah dibuat.pembuatan tata letak ini bisa menggunakan aplikasi yang ada di komputer .

2) menyiapkan PCB
a) Potonglah PCB sesuai dengan ukuran tata letak (layout)yang telah kalian buat
b) Bersihkan permukaan papan lapis tembaga dengan cara di cuci menggunakan sabun colek, pencucian ini bertujuan untung menghilangkan kotoran yang menempel pada papan tembaga PCB

3) proses pencetakan PCB
a)Siapkan larutan autan(obat nyamuk) yang sudah di campur dengan air dengan perbandingan 1:1.
b)basahi kertas gambar layout dengan autan,dan harus dipastikan kertas tersebut basah, setelah basah tempelkan kertas ke papan PCB. untuk mempercepat proses penempelan gambar bisa sambil di tekan supaya gambar bisa menempel kuat di PCB.
c)setrika bagian kertas dengan di alas i kain kering supaya kertas tidak terlalu panas.dan dalam proses ini jangan menggunakan temperatur strika yang terlalu panas karna akan menyebabkan kegagalan proses mencetak ,di usahakan panas pada setrika berada pada level tengah.proses penyetrikaan ini memerlukan waktu 5 sampai 8 menit.
d) jika proses setrika sudah selesai pisahkan kertas dengan cara mengelupas kertas yang menempel dengan air secara perlahan supaya gambar yang telah menempel tidak ikut terkelupas.untuk pengelupasan ini memerlukan kesabaran ekstra karna dalam proses ini memerlukan ke hati hatian supaya gambar menempel dengan sempurna.
4) proses  pelarutan PCB
Pelarutan pcb dapat menggunakan cairan Ferie clorida. Dimana cairan ini bisa di dapatkan di toko toko elektronik maupun toko lainnya.untuk mempercepat proses pelarutan di rekomendasikan untuk menggunakan air hangat ataupun panas karna dengan air hangan bisa dengan cepat melarutkan tembaga pada PCB. Tunggu sampai PCB larut . setelah larut bersihkan gambaran menggunakan amplas halus.
5) pengecekan jalur pcb
Pengecekan ini dilakukan untuk mencari apabila terdapat jalur yang terhubung ke yang bukan di inginkan.

  Dengan cara tersebut  akan di dapat kan tampilan PCB yang sempurna.
Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)