APAKAH ITU ARDUINO?

FAElectronics
0
A.Pengertian arduino
Arduino adalah suatu perangkat prototipe elektronik berbasis mikrokontroler yang fleksibel dan opensource, Perangkat ini ditunjukkan bagi siapapun yang tertarik/memanfaatkan mikrokontroler secara mudah. Salah satu yang membuat arduino memikat hati banyak orang adalah karena sifatnya yang open source, baik untuk hardware maupun software nya. software yang digunakan untuk memprogram arduino bernama arduino IDE yang di instal pada PC.untuk mendownload nya bisa menggunakan link http://arduino.cc.


Arduino dikembangkan oleh sebuah tim yang beranggotakan orang orang dari berbagai belahan dunia. Anggota intu dari tim ini adalah: Massimo Banzi Miliano (italia), David Cuartielles Malmoe (Swedia), Tom Igoe (new york), Gianluca Martino Torino (italia), dan David A.Meillis Boston (AS). saat ini arduino sudah familiar di dunia, termasuk Indonesia, yang membuat arduino di terima oleh orang orang adalah karena:
1. Murah, dibanding platform yang lain.
2. Lintas platform, software arduino dapat dijalankan pada Windows,OS,dan linux.
3. Sangat mudah dipelajari dan digunakan karna arduino menggunakan bahasa C/C++ yang disederhanakan.
4. Sistem yang terbuka (open source),baik dari sisi hardware maupun software.

Selanjutnya kita akan membahas beberapa board arduino yang sering di gunakan,yaitu: Arduino Uno, Arduino Mega, Arduino Lilypad, Arduino nano.

1.Arduino UNO

Board arduino uno menggunakan mikrokontroler ATmega328. Secara umum posisi atau letak pin terminal I/O pada berbagai Board Arduino posisinya sama dengan posisi/letak pin I/O dari arduino UNO yang mempunyai 14 pin digital yang dapat di set sebagai input/output dan beberapa diantaranya memiliki fungsi ganda yang bisa digunakan sebagai pin Analog.

Berikut ini adalah contoh hardware arduino.

2.Arduino MEGA

Board arduino MEGA adalah sebuah board arduino yang menggunakan IC mikrokontroler ATmega 2560. Board ini memiliki 54 pin digital input/output (15 buah di antara dapat digunakan sebagai output PWM), 16 buah analog input, 4 UARTs ( universal asynchronous receiver/transmiter ), osilator kristal 16Mhz, dan tombol reset.

Dibawah ini adalah bentuk hardware Arduino MEGA
3. Arduino Lilypad

Board LilyPad Arduino adalah papan mikrokontroler berbasis ATmega32u4.

Ia memiliki 9 pin I/O digital (4 dapat digunakan sebagai output PWM dan 4 input analog), resonator 8 MHz, koneksi micro USB, konektor JST untuk baterai LiPo 3.7V, dan tombol reset.

Dibawah ini adalah bentuk hardware dari Arduino Lilypad.


4. Arduino Nano
Board arduino nano adalah papan mikrokontroler yang menggunakan IC ATmega328. Arduino nano memiliki fungsi yang sama dengan Arduino UNO tetapi dengan menggunakan bentuk fisik yang lebih kecil dari Arduino UNO.

Dibawah ini bentuk Hardware dari Arduino Nano.


Selanjutnya saya akan membagikan datashet dari arduino di atas.


Sekian pembahasan pada kali ini. Terimakasih sudah berkunjung ke situs ini.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)