Pengertian dan Macam Macam Sensor Proximity

FAElectronics
0
Pengertian Sensor Proximity
Sensor proximity adalah alat atau perangkat yang dapat mendeteksi perubahan jarak pada suatu benda. Proses tersebut terjadi tanpa adanya kontak fisik. Sensor proximity sering disebut juga dengan sensor jarak. Sensor proximity menggunakan pengantar radiasi elektromagnetik dalam prosesnya. Hal ini yang membuat perangkat dapat mendeteksi keberadaan benda atau kondisinya meskipun tanpa ada kontak fisik. 

Jenis-Jenis Sensor Proximity

Sensor proximity dibagi menjadi beberapa jenis berbeda, yaitu:

1. Sensor Proximity Induktif: Sensor ini mendeteksi perubahan medan magnet dari benda yang bergerak. Sensor proximity induktif umumnya digunakan pada mesin produksi untuk mengendalikan operasi atau mesin CNC. 

2. Sensor Proximity Kapasitif: Sensor ini mendeteksi perubahan medan listrik. Sensor proximity kapasitif umumnya digunakan pada mesin produksi untuk mendeteksi keberadaan benda pada konveyor atau alat pengangkut benda. 

3. Sensor Proximity Ultrasonik: Alat ini menggunakan gelombang suara untuk mendeteksi keberadaan benda. Sensor ini biasanya digunakan pada sistem parkir otomatis dan juga pada robot yang digunakan untuk menjelajahi lingkungan. 

4. Sensor Proximity Fotoelektrik: Alat proximity fotoelektrik menggunakan cahaya untuk mendeteksi benda. Sensor ini umumnya digunakan pada mesin ATM untuk mendeteksi keberadaan tangan pengguna. 

5. Sensor Proximity Magnetik: Proximity jenis magnetik mendeteksi medan magnet.

Cara Kerja Sensor Proximity

Sensor proximity menggunakan pengantar radiasi elektromagnetik untuk melakukan deteksi pergerakan objek di sekitarnya. Saat ada benda atau objek yang mendekati sensor, akan tercipta sebuah sinyal. Benda atau objek tersebut dapat bersifat logam maupun non logam. 

Jenis Output Sensor Proximity

Sensor proximity memiliki beberapa jenis output, yaitu:

- Output NPN NO
- Output NPN NC
- Output PNP NO
- Output PNP NC
- Output PNP NO + NC
- Output NPN NO + NC
- Output NO
- Output NC
- Output NO + NC
- Output Light ON / OFF.

Fungsi Sensor Proximity

Sensor proximity digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti:

- Mendeteksi bahan
- Mendeteksi lingkungan yang berbeda
- Digunakan pada smartphone atau berbagai perangkat elektronik lainnya
- Digunakan untuk beragam mesin industri, seperti mesin plastik, mesin cetak, mesin pengolah logam, dan lain sebagainya.

Karakteristik Sensor Proximity

Karakteristik sensor proximity antara lain:

- Jarak deteksi sensor proximity adalah jarak yang dibutuhkan agar sensor proximity dapat bekerja dengan baik. Mengatur jarak yang tepat dari permukaan sensor membuat operasi kerja alat tersebut menjadi lebih stabil. 
- Standarnya posisi objek sensing transit yaitu sekitar 70% sampai dengan 80% dari jarak normalnya. 
- Jenis-Jenis Sensor Proximity ini dibagi menjadi empat jenis yang berbeda. 

Sensor Proximity Induktif

Sensor proximity induktif merupakan sensor yang dapat melakukan deteksi apabila ada benda logam besi maupun non-ferro di Fungsinya yaitu untuk mendeteksi peralatan logam, menghitung benda logam, hingga aplikasi posisi.

Sensor Proximity Kapasitif

Sensor proximity kapasitif adalah sensor proximity yang diaktifkan oleh bahan konduktif maupun bahan non konduktif.

Sensor Proximity Ultrasonik

Sensor proximity ultrasonik menggunakan gelombang suara untuk mendeteksi keberadaan benda. Sensor ini biasanya digunakan pada sistem parkir otomatis dan juga pada robot yang digunakan untuk menjelajahi lingkungan.

Sensor Proximity Fotoelektrik

Sensor proximity fotoelektrik menggunakan cahaya untuk mendeteksi benda. Sensor ini umumnya digunakan pada mesin ATM untuk mendeteksi keberadaan tangan pengguna. 

Sensor Proximity Magnetik

Sensor proximity jenis magnetik mendeteksi medan magnet. 

Instalasi Sensor Proximity

Untuk sistem instalasinya, biasanya:

- Dengan current-sourcing output (PNP), dimana beban dihubungkan antara sensor dan ground 


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)